Jumat, 24 Mei 2013

Rekayasa Teknik Pemrograman Penyerangan Dan Pertahanan Virus Lokal Menggunakan API - Visual Basic


Maraknya virus komputer belakangan ini, cukup membuat para pengguna komputer resah dan sangat menyebalkan, apalagi kalau virus tersebut mulai melakukan penyerangan, komputer akan  berjalan sangat lambat,  karena ada  beberapa aplikasi  yang  berjalan secara tersembunyi, dimana virus sedang melakukan penyusupan dengan menggandakan dirinya ke beberapa folder sistem dan alamat target. Hingga pada akhirnya virus tersebut mampu membuat space hardisk semakin berkurang, memori semakin terbatas, bahkan dapat melakukan manipulasi file, pengrusakan data dan masih banyak lagi, hal ini sangat tergantung dari kemampuan virus. Hebatnya lagi adalah, virus mampu melindungi dirinya dari segala sesuatu yang
mengancam, mulai dari menginfeksi registry, memblokir beberapa fasilitas yang dapat mematikan dirinya, melakukan restart otomatis, bahkan sampai melakukan pengrusakan sistem dan pemformatan hardisk hingga sistem komputer mati total, dan pada akhirnya virus akan musnah bersama musnahnya sistem komputer yang terserang. Kemudian bisa saja virus akan aktif kembali ketika kita tanpa sengaja menjalankan atau membangkitkan suatu virus, maka yang pasti dilakukan virus tersebut setelah bangkit dari tidurnya adalah menginfeksi sistem agar melekat pada komputer target. Sehingga meskipun komputer tersebut telah di-restart, virus tersebut akan tetap aktif, dan virus tersebut kembali menyerang dari satu lokasi ke lokasi yang lain, dari satu komputer ke komputer yang lainnya melalui jaringan atau media pertukaran data.

Berbekal dari pengalaman yang berkali-kali terserang virus, hingga berkali-kali pula melakukan pemformatan dan penggantian hardisk, pada akhirnya mulai tertarik untuk meneliti dan mempelajari bagaimana virus dibuat, tentunya sesuai dengan kemampuan dalam pemrograman  visual  basic,  penulis  mulai  melakukan  berbagai  percobaan  dan  pengkajian. Diawali dengan melepaskan antivirus, membiarkan virus masuk untuk kemudian menangkapnya dan membongkarnya, hingga pada akhirnya memahami bagaimana teknik penyerangan dan pertahanan virus.

Diawali dengan terbongkarnya beberapa virus lokal yang dibuat dengan visual basic script, penulis melakukan beberapa penyesuaian dengan visual basic dan windows API, mulai dari teknik penyerangan sistem, penggandaan diri dan pertahanan dari ancaman, hingga sampai pada persembunyian, perkenalan, gangguan dan pengrusakan. Dan pada akhirnya dipaparkan secara terbuka pada artikel yang berjudul “Rekayasa Teknik Penyerangan dan Pertahanan Virus Lokal Dengan API – Visual Basic”.

Dari paparan diatas tentunya kita bertanya akan adanya beberapa permasalahan yang harus dipecahkan, bagaimana mungkin virus dibuat sedemikian rupa dengan beberapa kemampuan?,  adakah  program  aplikasi  yang  mampu  membuat  virus  dengan  mudah?, mampukah visual basic membuat virus lokal dengan teknik penyerangan dan pertahanan ? bagaimanakah rekayasa teknik penyerangan dan pertahanan virus dengan API – Visual basic ?. Walaupun akan membahas tentang rekayasa teknik penyerangan dan pertahanan virus, penulis membatasi pembahasan hanya pada teknik penyerangan dan pertahanan dengan API – Visual Basic, tidak sampai pada teknik pengrusakan dan pemusnahan. Hal ini dimaksudkan karena tulisan ini untuk menambah wawasan dalam penanganan virus, sehingga mampu memberikan gambaran bagaimana memusnahkan sebuah virus dari komputer yang terserang, dengan harapan dapat memberikan sesuatu yang positif dan bukan digunakan untuk tujuan negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar