Rabu, 11 Januari 2012

Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan-Persyaratan Tahan Gempa

PERSYARATAN TAHAN GEMPA
* RUANG LINGKUP

          Bagian ini memberikan penjelasan persyaratan jembatan terhadap gempa. Persyaratan ini melengkapi bagian-bagian lain dari Tata Cara dan harus dibaca secara berkaitan satu dengan lainnya. Persyaratan dalam Bagian ini mewakili standar pelaksanaan yang baik dan berlaku. Syarat-syarat tersebut tidak mutlak, tetapi sedapat mungkin harus diikuti untuk menjamin bahwa suatu jembatan mempunyal kemungkinan terbaik untuk selamat dalam kejadian gempa besar.

* PENGGUNAAN
          Bagian ini digunakan untuk Jembatan Jalan Raya di seluruh wilayah Indonesia, kecuali untuk struktur khusus.
Perencanaan struktur khusus menuntut penggunaan teknik analisa yang diluar lingkup bagian ini, walaupun telah diberikan beberapa pedoman umum untuk analisa dinamik. Teknik demikian hanya boleh digunakan dibawah pengawasan Ahli Teknik
          Perencana yang cukup berpengalaman dalam perencanaan seismik jembatan. Struktur khusus adalah jembatan yang memenuhi salah satu dari empat kelompok kondisi berikut:

Tipe Struktur khusus:
a.      jembatan yang didukung oleh kabel
b.      jembatan lengkung
c.       jembatan yang menggunakan perlengkapan khusus untuk menyerap (dissipator) energi.

Jembatan dengan geometrik khusus:
a.      jembatan dengan pilar tinggi sedemikian sehingga massa pilar adalah lebih besar dari 20% massa bagian bangunan atas yang memberikan beban inersia pada pilar;
b.      jembatan dengan kekakuan pilar-pilar yang berbeda dengan nilai yang dianjurkan dalam persyaratan Artikel A.4.1;
c.       jembatan dengan bentang diatas 200 m;
d.      jembatan dengan kemiringan sudut yang besar;
e.      jembatan dengan lengkung horisontal yang besar;
f.        pilar diperairan dalam.

Jembatan pada lokasi rumit:
a.      lapangan melintasi atau dekat retakan aktip;
b.      lapangan pada atau dekat lereng yang potensial tidak stabil;
c.       pondasi yang dapat mengalami liquefaction –
d.      kehilangan kekuatan tanah;
e.      pondasi pada tanah sangat lunak.

Jembatan sangat penting: jembatan dengan kepentingan segi ekonomi karena biaya konstruksi sangat besar atau akibat keruntuhan yang fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar